BAB I

0 komentar

DESKRIPSI BISNIS
  1. LATAR BELAKANG BISNIS

BAB I
DESKRIPSI BISNIS
  1. LATAR BELAKANG BISNIS
Industri obat nyamuk di Indonesia berkembang pesat karena iklim tropis di Indonesia yang menyebabkan suburnya perkembangbiakan nyamuk di Negara kepulauan terbesar di Dunia. Hal ini menyebabkan Indonesia menjadi salah satu pasar potensial dalam memasarkan produk racun pembunuh nyamuk atau obat anti nyamuk. Untuk melindungi tubuh dari gigitan nyamuk, pada umumnya kita sering menggunakan obat anti nyamuk yang terbuat dari zat kimia berdosis tinggi yang ampuh membunuh nyamuk.
Disamping itu, masyarakat di Kabupaten Tuban tepatnya di daerah pesisir Jenu yang terdapat banyak hutan bakau belum mengerti tentang pengolahan bakau agar menjadi produk yang memiliki nilai guna ekonomi tinggi. Selama ini, hutan bakau hanya dibiarkan dan hanya sekedar digunakan untuk penghias daerah Kabupaten Tuban saja.
Melihat dua hal tersebut kami berinisiatif membuat produk yang berasal dari bahan alam dengan harga ekonomis tapi aman untuk kesehatan manusia. Inovasi kami ini kami beri nama Obat Nyamuk Optimal dan Aman (Optiman) Asli. Proses produksi Optiman Asli kami lakukan di perusahaan yang setara dengan home industry. Perusahaan tersebut kami beri nama Perusahaan Obat Nyamuk Alami Pelajar Indonesia (PONAPI). Perusahaan ini kami dirikan sebagai tempat produksi Optiman Asli yang berbahan dasar daun bakau. Karena menggunakan bahan dari alam, usaha Optiman Asli ini didirikan selain berorientasi pada keuntungan juga berorientasi pada lingkungan.
  1. DESKRIPSI BISNIS
  1. Nama Perusahaan : Perusahaan Obat Nyamuk Alami Pelajar Indonesia (PONAPI)
  2. Logo :


  1. Filosofi Logo :
  • A : Aman (Produk Optiman Asli menggunakan bahan alami dan tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan manusia)
  • S : Super (Produk Optiman Asli memiliki dua fungsi sekaligus)
  • L : Lingkungan (Produk Optiman Asli bersumber energi yang dapat
diperbarui dan tidak mencemari lingkungan)
  • I : Inovatif (Produk Optiman Asli lain dan belum pernah diproduksi oleh
perusahaan lain)
  1. Nama Produk : Obat Nyamuk Optimal, Aman dan Asli (Optiman Asli)
  2. Lokasi : Jl. Brawijaya No 16. Tuban
  3. Telepon : (0356) 325359
  1. VISI dan MISI
1. Visi : Mengembangkan jiwa kewirausahaan yang inovatif dan peduli lingkungan
terutama di bidang pembuatan obat-obatan.
2. Misi :
    1. Menghasilkan produk inovatif dari bahan baku alami yang tidak merusak ekosistem
dan aman.
    1. Mengembangkan inovasi produk berbasis lingkungan melalui pemanfaatan potensi
daerah.
  1. BIDANG USAHA
Home industry kami ini bergerak pada bidang usaha pembuatan obat nyamuk yang berbahan dasar daun bakau yang ramah lingkungan.
  1. COMPETITOR ANALYSIS
Salah satu faktor yang memengaruhi persaingan usaha di pasar adalah adanya kompetitor. Berdasarkan teori Porter Five Forces Model milik Michael Forter, ada lima ancaman dalam persaingan usaha. Lima ancaman tersebut adalah ancaman dari peserta bisnis baru, kekuatan tawar menawar suplier , kekuatan tawar menawar pembeli, ancaman dari produk pengganti, ancaman dari para pesaing. Dari lima ancaman tersebut, yang sesuai dengan usaha kami yang baru berjalan adalah ancaman produk pengganti (kompetitor tidak langsung). Berikut adalah penjelasan singkatnya.
  1. KOMPETITOR LANGSUNG
Optiman Asli belum pernah diproduksi oleh perusahaan lain. Sehingga belum ada kompetitor langsung dalam usaha ini.
  1. KOMPETITOR TIDAK LANGSUNG
Beberapa aspek yang dilihat untuk mengukur persaingan pasar antara produk Optiman Asli dan produk obat nyamuk berbahan dasar kimia adalah :
A = Optiman Asli
B = Obat nyamuk berbahan dasar kimia (variabel kontrol)
KARAKTERISTIK
KEUNGGULAN
HASIL KOMPARASI
A
B
Harga Jual
-
A = 4.000/botol, B = 18.975/botol.
Pemasaran
-
Produk A dipasarkan melalui multi-media, yaitu media cetak maupun elektronik, sedangkan produk B lebih pada pemasaran media elektronik.
Lingkungan
-
Produk A berbahan dasar dari alam sehingga mengurangi pencemaran lingkungan dan juga tidak menghasilkan limbah, sedangkan produk B menghasilkan polusi dan limbah kimia.
Tahan Lama
=
=
Produk A sama-sama tahan lama hingga 5 bulan.
Keampuhan
=
=
Produk A dan B sama-sama membunuh nyamuk
dengan presentase
± 90%.
Manajemen
-
Produk A masih menuju manajemen yang profesional karena PONAPI baru dibentuk.

  1. UJI KUALITAS PRODUK
  1. Dari Keterangan yang kami sebutkan di dalam tabel, Optiman Asli memiliki keunggulan dari segi kesehatan dan fungsi. Berikut adalah penjelasan dari uji produk yang kami lakukan :
  1. Uji Kesehatan Obat Nyamuk
Uji kesehatan produk ini kami lakukan melalui uji laboratorium kandungan zat kimia berbahaya pada obat nyamuk. Kami melakukan pengamatan terhadap presentase kandungan zat aktif dari masing-masing obat nyamuk (Optiman Asli dan HIT).
  1. Uji Fungsi Obat Nyamuk
Uji fungsi produk ini kami lakukan dengan cara membandingkan fungsi yang dimiliki kedua obat nyamuk. Kami melakukan percobaan terhadap presentase kecocokan para responden (anak-anak dan dewasa) berdasarkan jangka waktu tertentu dari masing-masing obat nyamuk (Optiman Asli dan HIT).


Tabel Uji Kualitas Produk Obat Nyamuk 


Variabel kontrol
Uji Kesehatan
Uji Fungsi
Zat Kimia
% Kandungan
Responden
% Kecocokan
Optiman Asli
Transflutrin
0%
50 orang
80%
Obat Nyamuk HIT
Transflutrin
25,4%
50 orang
60%




Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang BAB I dan anda bisa menemukan artikel BAB I ini dengan url http://ponapi.blogspot.com/2014/01/bab-1.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel BAB I ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan BAB I sebagai sumbernya.


Posting Komentar